[x] close
[x] close

New User Sign Up

IndonesiaIndonesia

Kompetisi Indonesia Lain

06 Januari 2013 | 13:36

Pentingnya Kontinuitas Kompetisi Usia Dini

Bambang Pamungkas, Brand Ambassador LKG U-14. (Foto: Getty Images)

Rasanya tak ada yang menyangkal jika dikatakan kualitas pesepak bola muda Indonesia tak kalah dengan negera-negera Eropa atau Amerika Selatan. Tapi yang terjadi kemudian sungguh unik. Ketika talenta-talenta Eropa dan Amerika Selatan terus mencuat hingga level senior, kepunyaan Indonesia justru terkubur hingga akhirnya hilang ditelan bumi.

Tidak adanya kompetisi berjenjang hingga kesalahan mendapat asupan latihan menjadi beberapa alasan klasik yang membuat perkembangan pesepak bola di Tanah Air mandek. Fenomena itu diamini oleh striker timnas Indonesia, Bambang Pamungkas. "Kita tidak memiliki sistem kompetisi yang baik dan berjenjang untuk usia kategori junior.

Padahal pemain butuh iklim kompetisi yang rutin dan berjenjang agar mental  mereka siap ketika masuk ke level senior." kata Bepe saat menghadiri pembukaan Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14, di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Minggu (6/1).

Bambang menambahkan, pembinaan usia muda di Tanah Air juga ditentukan oleh situasi dan iklim sepak bola yang kondusif. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir hal tersebut tak terjadi di negeri ini.

"Jika ingin meningkatkan kualitas pemain, mereka harus berada di dalam kompetesi yang kondusif dan profesional. Tapi, yang terjadi justru sebaliknya. Ego-ego para pelaku sepak bola Indonesia membuat pembinaan menjadi mandek. Permasalahan sangat rumit. Aku sebagai pebola sudah pusing dengan kisruh seperti sekarang ini," geram Bepe. (Hilman)

  • Rating :
  • 3/5 (20 votes)

Artikel terkait

  • Bepe Antusias Sambut LKG U-14

    Bambang Pamungkas buka Liga Kompas Gramedia U-14. (Hilman/Soccer)

    Pembukaan Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 2013 yang diselenggarakan di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Minggu (6/1) terasa i...

Artikel Lainnya

  • LKG U-14 2014 resmi bergulir

    16 Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Jabodetabek mengikuti kompetisi tahunan yang sudah digelar untuk kelima kalinya tersebut.


Komentar

Optional: Login below.

comments powered by Disqus