[x] close
[x] close

IndonesiaIndonesia

PSSI

14 Maret 2013 | 16:44

Tom Byer Tangani Pembinaan Usia Dini Indonesia

Tom Byer dan Bob Hippy (kedua dari kiri) (Foto: Anju-SOCCER)

Bob Hippy selaku Anggota Exco PSSI untuk pengembangan usia muda, mengambil langkah krusial. Dia menggalang proyek pembinaan usia dini bersama Tom Byer.

Sekadar informasi, Byer adalah Direktur Teknik Pembinaan Usia Dini Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA). Dengan Youth Clinic Program bertajuk T3 yang dimulai sejak 1989, dia sukses mendongkrak kualitas sepak bola negeri Matahari Terbit. Tak heran, menilik track record  Tom, Bob Hippy merasa optimistis.

"Jepang bukanlah negara sepak bola. Tapi, perkembangan sepak bolanya bisa kita lihat. Semoga, langkah ini bisa menjadi shortcut.  Bukan 20 tahun, tapi mungkin hanya butuh 10 tahun agar (Indonesia) jadi kekuatan sepak bola," jelas Bob Hippy.

Terlebih, penantian untuk menggaet Tom Byer tergolong panjang.  "Saya sudah menunggu Tom selama empat tahun. "Saya berharap ini jadi sesuatu yang berharga untuk kemudian hari," tambah Bob Hippy.

Rencananya, Tom Byer akan menerapkan program T3 untuk pengembangan sepak bola Indonesia, khusus usia 9-12 tahun. "Saya sangat bangga dan berterima kasih. Saya melihat potensi besar dari sepak bola Indonesia," pungkas Tom.

Proyek ini bakal terpusat di Kota Puruk Cahu, Kalimantan Tengah. Kebetulan, perusahaan batubara asal Australia yang turut membantu program ini, Cokal telah menuntaskan pembangunan komplek olahraga indoor  dan outdoor  di Kota Puruk Cahu.

Bersama tim dari Cokal, Tom berencana menyambangi Kota Puruk Cahu pada Jumat (15/3). Mereka akan meninjau fasilitas yang telah tersedia di sana.

"Kami tidak akan mengubah sepak bola indonesia, tapi hanya menatap masa depan. Masa depan itu adalah anak-anak," tutup Tom. (Anju)

  • Rating :
  • 3/5 (27 votes)

Artikel terkait

Artikel Lainnya


Komentar

Optional: Login below.

comments powered by Disqus