[x] close
[x] close

New User Sign Up

Liga SpanyolLiga Spanyol

News

07 Oktober 2012 | 14:51

El Clasico: Adu Tajam Dua Apparel

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jadi simbol persaingan Nike dan adidas. (Foto: Dok. Soccer)
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jadi simbol persaingan Nike dan adidas. (Foto: Dok. Soccer)

Perjumpaan Barcelona dengan Real Madrid dalam laga El Clasico bukan hanya adu kekuatan dua klub terbaik di Spanyol, melainkan juga simbol peperangan antara dua produsen apparel terkemuka, Nike dan adidas. Nike diusung Blaugrana, sedangkan adidas diusung Los Blancos.

Secara kebetulan, para pemain di kedua kubu yang berseteru memang dominan memakai sepatu buatan apparel yang menjadi sponsor klub. Di Barcelona, dari 25 pemain yang terdaftar di skuad musim ini, 16 di antaranya memakai sepatu Nike. Terbanyak adalah pemakai Nike Tiempo Legend IV yang berjumlah enam orang. Di belakangnya ada Nike CTR360 Maestri III yang dipakai oleh lima orang pemain.

Sementara itu, di kubu Madrid, adidas dipakai oleh 13 pemain. Itu 54 persen dari jumlah pemain yang terdaftar di skuad utama musim ini. Dari 13 pemain tersebut, sembilan memakai adidas Predator Lethal Zones, sedangkan empat lainnya memakai adidas Adizero F50.

Toh, jika ditotal, Nike sebenarnya lebih dominan pada perhelatan El Clasico nanti. Pasalnya, di Madrid pun ada sembilan pemain yang memakai sepatu buatan perusahaan apparel asal Amerika Serikat tersebut. Jadi, total pemakai Nike mencapai 25 orang. Bandingkan dengan adidas yang hanya dipakai oleh 19 pemain.

Persaingan sengit Nike dan adidas di El Clasico sangat tercermin dalam rekaman lima musim terakhir. Sepanjang periode tersebut telah terjadi 17 kali pertemuan antara Barcelona dan Real Madrid. Total, tercipta 56 gol dalam 17 laga itu.

Berdasarkan penelusuran SOCCER , ternyata jumlah gol yang dibuat pemain yang memakai sepatu Nike dan adidas ternyata sangat seimbang. Perbedaannya sangat tipis. Pemakai sepatu Nike mencetak 27 gol, sedangkan pemakai sepatu adidas menjaringkan 25 gol.

Sudah bisa diterka, penyumbang gol terbanyak bagi kubu Nike adalah Cristiano Ronaldo yang menjejalkan selapan gol. Sementara itu, Lionel Messi menjadi kontributor terbesar bagi adidas dengan torehan 12 gol. (Asep)

Artikel terkait

Artikel Lainnya


Komentar

Optional: Login below.

comments powered by Disqus