[x] close
[x] close

New User Sign Up

Preview

04 Desember 2010 | 10:00

Preview: Laos vs Indonesia

(LIVE RCTI 4/12 19.30 WIB)

Tim Laos. (Dok.SOCCER)

Hasil yang diraih atas Thailand di laga pertama Grup D menunjukkan bahwa Laos tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski kalah kualitas pemain, tim asuhan David Booth itu menjanjikan perlawanan keras bagi Indonesia. Syaratnya, Laos masih konsisten menampilkan permainan tenang dan solid seperti saat menghadapi Thailand.

“Kami akan memperlakukan sama semua pertandingan. Melawan Indonesia maupun Malaysia kami akan tetap bermain seperti kami menghadapi Thailand. Tidak ada yang berbeda. Kami hanya berusaha untuk bisa terus melaju di turnamen ini,” kata Booth.

Kolektivitas Laos memang bisa dibilang biasa-biasa saja. Tapi efektivitas mereka dalam  menyerang dan bertahan patut diacungi jempol. Thailand yang notabene punya kualitas di atas pun mengaku kesulitan dalam menembus pertahanan Laos.

Empat bek sejajar adalah kunci alotnya pertahanan Laos. Selain itu, dua bek sayap, Saynakhonevieng dan Khamla juga disiplin menjaga areanya. Keduanya lebih berkonsentrasi dalam menggalang pertahanan. Ditambah, salah satu gelandang Laos selalu berada di dekat barisan pertahanan, baik saat menyerang maupun ketika bertahan.

Jika memang pernyataan Booth mampu diwujudkan, dipastikan Tim Merah Putih harus bekerja keras untuk menundukkan mereka. Apalagi Laos punya mental bertanding yang kuat karena tidak terlalu menargetkan hasil tinggi di Piala AFF 2010 ini.

Melawan Laos, pelatih Alfred Riedl mau tidak mau harus mempunyai taktik spesial yang bisa membuat Laos terpancing untuk berani bermain terbuka. Sebab, dengan cara ini para pemain Indonesia bisa melakukan penetrasi dan umpan-umpan terobosan ke daerah pertahanan Laos.

Kemenangan telak 5-1 atas Malaysia (1/12) bisa dijadikan tambahan modal mental. Tapi, jika terlalu bereuforia dengan kemenangan pada laga pertama tersebut, Indonesia hanya akan menemui kesulitan menghadapi Laos. Ingat, Booth menyatakan tim asuhannya telah digembleng agar tidak takut melawan tim mana pun.

Variasi serangan sangat dibutuhkan Indonesia di laga ini. Akan lebih baik jika tidak mengandalkan serangan lewat sayap seperti yang diperagakan ketika bertemu Malaysia. Okto Maniani dan M. Ridwan memang punya kecepatan dan umpan silang yang bagus. Tapi dengan pola pertahanan rapat ala Laos serangan lewat sayap baru bisa efektif jika dua bek sayap lawan sedang tidak berada di pos mereka.

Ingat, Indonesia masih butuh tambahan tiga poin jika benar-benar ingin memastikan tiket ke semifinal. Jika hanya bermain imbang, laga pamungkas melawan Thailand, yang diprediksi lebih berat, bakal penuh tekanan. Menang atas Laos, maka Tim Garuda bisa bermain lebih rileks di laga terakhir. (hanif)

PREDIKSI LINE-UP
Laos (4-4-2):  -Sengphachan, 2-Saynakhonevieng, 3-Kitsada, 4-Ketsada, 5-Khamla
14-Konekham, 20-Soukaphone, 11-Keoviengphet, 13-Kaysone, 25-Khampheng, 8-Lamnao
Pelatih: David Booth
Absen: -

Indonesia (4-4-2):  1-Markus, 3-Zulkifli, 23-Hamka, 5-Maman, 2-Nasuha
22-M. Ridwan, 15-Firman, 19-Bustomi, 10-Okto, 17-Irfan, 9-Gonzales
Pelatih: Alfred Riedl
Absen: -

Rekor Pertemuan
13/01/07    Indonesia-Laos    3-1   Piala AFF
17/12/04    Laos-Indonesia    0-6   Piala AFF

Bursa Taruhan
SOCCER   1 (30%) (32%) 2 (38%)

  • Rating :
  • 2/5 (15 votes)

Artikel Lainnya


Komentar

Optional: Login below.

comments powered by Disqus