[x] close
[x] close

New User Sign Up

Blog Editorial

  • 36 Komentar
    22 Januari 2011
    Asis Budhi Pramono Asis Budhi Pramono


    Suasana berbeda terlihat di Main Atrium Cilandak Town Square Jakarta Selatan pada Kamis (20/1). Hall yang biasanya dijadikan jalan oleh pengunjung ditutup semipermanen. Kursi, panggung, dan layar ditempatkan di sana untuk menggelar launching Jakarta FC 1928.
    Situasi menarik terjadi ketika presenter Tyo Nugroho dan Kamidia Radisti memperkenalkan barisan penggawa Jakarta FC.  Satu per satu wajah pemain dan staf pelatih terpampang di layar. Tyo dan Kamidia lantas memanggilnya naik ke panggung.
    Akan tetapi, kedua presenter itu sengaja menyimpan pengumuman dua pemain lain. Tyo dan Kamidia memancing rasa penasaran hadirin dengan memberikan petunjuk-petunjuk khusus.
    “Keduanya tampil memukau di Piala AFF 2010. Mereka membela negara lawan. Wajahnya juga ganteng,” kata Tyo da...

    Selengkapnya
  • 27 Komentar
    06 Januari 2011
    Asis Budhi Pramono Asis Budhi Pramono


    Belum lewat satu bulan meski tahun sudah berganti. Tiga puluh hari juga belum genap. Tapi, perubahan memang tidak bisa dilawan. Kurang dari sebulan yang lalu, semua bergandengan, bertepuk tangan, dan menyuarakan dukungan kepada timnas di Indonesia. Harmoni itu segera menguap sesudah Firman Utina dkk gagal mengangkat trofi Piala AFF.
    Sekarang yang tersisa adalah ketegangan. PSSI menyumpahi Liga Primer Indonesia (LPI). Sebaliknya Liga Primer Indonesia mencibir profesionalitas otoritas sepak bola tertinggi di Indonesia dalam menggulirkan Indonesia Super League (ISL).
    Publik pun ikut terkotak-kotak. Ada yang pro sana, namun tak sedikit pula yang pro sini. Ruwet karena semua merasa benar sendiri. Siapa yang paling tepat?
    Ini yang tidak bisa dibantah. Kebenaran paling hakiki h...

    Selengkapnya
  • 76 Komentar
    20 Desember 2010
    Yoyok Prima Maulana Yoyok Prima Maulana


    Malang nian nasib Ricky, anggota Pasoepati (kelompok suporter Persis Solo). Jauh-jauh datang dari Solo ke Jakarta dengan tujuan mendukung timnas Indonesia versus Filipina  di leg kedua semifinal Piala AFF, hanya bias terbengong-bengong di luar Stadion SUGBK. Ironisnya, di tangannya ada tiket untuk kategori kelas III. Dia dilarang masuk ke stadion oleh panitia dengan alasan kapasitas SUGBK sudah penuh.
    Bentuk tiket yang dipegang Ricky dkk memang tidak seperti tiket umumnya. “Ini tiket khusus suporter. Saya membelinya dengan harga Rp120 ribu. Itu sudah termasuk tiket pulang pergi Solo-Jakarta. Tiket ini diperoleh pengurus Pasoepati yang langsung berkoordinasi dengan PSSI. Sebab, kelompok-kelompok suporter memang diberi kuota tiket tertentu,” kata Ricky sambil menunjukkan tike...

    Selengkapnya
  • 25 Komentar
    14 Desember 2010
    Asis Budhi Pramono Asis Budhi Pramono


    Mendung menggelayut di atas langit Stadion Persikabo, Cibinong, Bogor, Sabtu (12/12). Keramaian tercipta di sekitar pintu masuk. Sayup-sayup terdengar sorakan yang tidak terlalu kencang di dalam stadion. Begitu masuk, terlihat Bogor Raya FC dan Manado United sedang bersiap di pinggir lapangan.
    “Saat pemain masuk, langsung nyalakan lagu pembuka,” teriak LOC pertandingan kepada stafnya dengan mimik serius.
    Seperti layaknya pertandingan resmi, kedua tim bersiap diri. Prosesi arakan kedua tim yang dipimpin wasit tetap dilakukan lengkap dengan segala atributnya. Saat sudah memasuki lapangan, kedua tim juga bersemangat melakukan sesi foto di hadapan wartawan setelah menyalami penonton.
    Sungguh ironis kalau melihat isi stadion. Para pemain seperti menyalami angin. Stadion sang...

    Selengkapnya
  • 14 Komentar
    08 Desember 2010
    Jalu Wisnu Wirajati (@kangjalu) Jalu Wisnu Wirajati (@kangjalu)


    Selasa, 7 Desember 2010, sore di kawasan olahraga Senayan. Tak seperti pada dua laga sebelumnya melawan Malaysia dan Myanmar, jumlah fans yang menyemut menuju Gelora Bung Karno pada laga pamungkas Piala AFF 2010 antara timnas Indonesia dan Thailand begitu luar biasa.
    Begitu masuk stadion, ada antusiasme luar biasa dari fans. Hampir seluruh sektor di stadion terbesar di Asia Tenggara itu penuh sesak oleh suporter Indonesia. Sebuah pemandangan yang terakhir kali terlihat pada laga pamungkas Grup D, Piala Asia 2007, antara Indonesia dan Korea Selatan.
    Fenomena tersebut terbilang sedikit "aneh". Mengingat, Indonesia sudah memastikan lolos. Juara grup pula. Otomatis, laga melawan timnas sore itu hanyalah pemenuhan kewajiban timnas untuk menyelesaikan seluruh laga Grup...

    Selengkapnya

Arsip